Indahnya Model Baju Kerja Batik Sasirangan khas Banjarmasin

Terkadang memang kita harus memilih model baju batik kerja yang bagus untuk menunjang penampilan. Ini pun tidak hanya berlaku bagi perempuan, tapi juga untuk laki-laki. Dengan penampilan yang baik dan terlihat sopan maka secara tidak langsung itu akan memberikan efek positif karena orang lain mendapatkan respect dari penampilan kita.

Ada banyak sakali pilihan kain batik yang bisa dipilih seperti batik, pekalongan, jogja, solo dan tegalan. Tapi tahukah Anda bahwa ada juga kain batik yang berasal dari luar jawa..? in adalah kain sasirangan dari banjarmasin, jika dilihat sepintas memang terlihat seperti kain jumputan khas jogja hanya saja memiliki motif yang berbeda.

Model Baju Kerja Batik Sasirangan

Eksitensi kain ini sudah sangat bagus, tidak seperti dulu yang hanya dipakai untuk acara adat saja atau hanya bisa didapatkan oleh orang yang berkunjung ke banjarmasin. Sekaran kain ini sudah dijual bebas dan sudah bisa dibeli secara online. Model yang diterapkan untuk membuat pakaian dar kain ini juga sangat bagus dan bervariasi.

Model Baju Kerja Batik Sasirangan

Banyak sekali pilihan busana yang mengimplementasikan kain sasirangan, mulai dari pakaian santai hingga formal sudah tersedia dipasaran. Untuk yang model formal, bisa Anda gunakan untuk kekantor atau menghadiri acara resmi lainnya. Bahkan presiden pun tidak jarang mengenakan pakaian ini untuk menghadiri acara-acara penting.

Biasanya yang tersedia untuk baju kerja adalah kemeja dengan model yang disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika perlu Anda bisa membeli kainnya saja dan kemudian Anda jahit sendiri menggunakan jasa tukang jahit terbaik di tampat Anda. Dengan begini Anda bisa memiliki baju yang disesuaikan ukuran dan modelnya dengan selera sendiri. Jika Anda membutuhkan contoh desain bajunya maka bisa melihat beberapa gambar di bawah ini.

baju sasirangan untuk chef

baju ssirangan untuk anak muda

model baju batik sasirangan kalimantan

Dahulu, dalam pembuatan pakaian dari kain sasirangan harus dsesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Misalnya warna kuning digunakan bagi orang yang sedang menjalani proses penyembuhan penyakit kuning, merah adalah yang digunakan untuk orang yang sakit kepala. Tapi semua itu sudah ditinggalkan, dan sekarang semua orang dengan kondisi apapun boleh mengenakan kain ini sesuai dengan warna dan model yang disukai.

Di banjarmasin sendiri, setiap minggu diberlakukan wajib menggunakan baju ini untuk pegawai instansi pemerintahan. Meksipun sudah ada banyak pengembangan dan dan penyesuaian dalam pembuatan busana dari kain sasirangan, tapi Anda juga masih tetap bis memnemukan desain original yang masih kental dengan nuansa tradisional yang otentik.


sby mengenakan batik sasirangan
presiden jokowi menggunakan baju dari kain sasirangan

Model baju kerja batik sasirangan juga memiliki berbagai pilihan warna dan motif. Untuk warnanya bisa disesuaikan dengan selera Anda, bisa menggunakan warna yang cerah atau warna yang kalem. Sedangkan motifnya terdiri dari banyak motif seperti Motif Gigi Haruan, Motif Kambang Sakaki, Motif Hiris Pundak, Motif Kambang Kacang. Untuk pejelasan mengenai beberapa motif tersebut mungkin akan di bahas pada artikal lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Indahnya Model Baju Kerja Batik Sasirangan khas Banjarmasin

0 comments:

Post a Comment