Model Baju Pengantin Adat Minang Modern Terbaru

Jika Anda adalah orang sumatera barat, pasti tidak asing lagi dengan baju pengantin adat minang. Ya, ini adalah baju yang sering digunakan oleh masyarakat sumatera barat ketika menikah. Dilihat dari tampilannya memang terlihat mewah dan elegan, meskipun terlihat sangat susah ketika memakainya tetapi itu tidaklah terlalu sulit.

Baju pengantin ini memiliki bentuk yang unik yaitu Tikiluak Tanduak ( semacam tanduk seperti bentuk rumah adat khas minang). Sebenarnya ada banyak bentuk dari Tikiluak Tanduak, tergantung pada asal daerahnya. Contohnya adalah seperti Tanduak Balenggek dari Sungayang, tikuluak tanduak batipua, tanduak lilik (khas payakumbuh), dan Tanduang dari Lintau Buo. Sebenarnya ada lagi yang lain jenisnya tapi tidak bisa kami sebutkan semua.

Pakaian ini terlihat sangat bagus sekali dengan pernak-pernik yang di aplikasikan serta kialauan perak yang  ada pada bagian baju dan mahkota atau disebut juga dengan suntiang. Jika Anda menggunakan busanan ini untuk pernikahan Anda pasti akan tampil dengan sangat baik dan terlihat seperti raja dan ratu.

Model Baju Pengantin Adat Minang Modern Terbaru

Sekedar info saja, jaman dahulu, berat untuk mahkota atau yang disebut juga dengan suntian bisa mencapai puluhan kilo karena bahan yang digunakan bukanlah perak melainkan besi atau emas asli. Tapi itu semua sudah berubah karena sekarang sudah menggunakan perah yang dilapisi kuningan atau hanya kuningan saja, desainnya juga dibuat agar tidak terlalu berat sehingga tidak membuat kepala pengantin wanita menjadi pusing.

Untuk modelnya juga ada perbedaan jenisnya, meskipun terlihat sama saja bagi orang awam. Baju ini hanya memiliki dua jenis yaitu baju kurung melayu dan baju kurung basiba. Untuk yang model melayu biasanya sering digunakan di daerah pesisir barat, parang dan pariaman. Sedangkan untuk basiba tidak ada aturan khusus, tapi tetap mempertahankan ciri khasnya dengan warna-warna emas, merah dan hitam.

Model Baju Pengantin Adat Minang Modern Terbaru

Sedangkan untuk model laki-lakinya juga tetap kaya dengan warna emas dan merah, tetapi tidak serumit desain untuk perempuan dan tidak menggunakan mahkota. Penganting pria hanya menggunakan aksesoris kepala berupa semacam sorban dengan perpaduan warna merah dan emas. Mungkin in adalah untuk keseerasian warna agar sesuai dengan wanitanya.

Bagi Anda yang bukan orang minang tidak ada salahnya untuk mengetahui baju ini karena in juga adalah hasil dari adat istiadat dan kearifan masyarakat memiliki indonesia yang patut kita lestarikan sebelum di klaim oleh negara lain. Melestarikan budaya adalah perbuatan yang sangat penting karena jika kita yang melakukannya maka siapa lain yang akan peduli. Tapi terlepas dari pada itu, model baju pengantin adat minang modern terbaru juga memiliki desain yang sangat bagus dan desain yang sangat detail, baik dari pola baju maupun aksesorisnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Model Baju Pengantin Adat Minang Modern Terbaru

0 comments:

Post a Comment